Selasa, 17 Desember 2013

Posted by Unknown | File under : ,



Apa rahasia kesuksesan EXO?

Kesuksesan EXO menjadi sebuah pertanyaan besar bagi semua kalangan penggemar K-Pop. Grup yang baru debut selama kurang dari dua tahun ini telah menjadi salah satu nama yang membesarkan K-pop. Seperti yang terungkap dalam hasil survey yang dibuat oleh salah satu media terpercaya di Korea. EXO mendapatkan urutan ke-5 sebagai brand yang berpengaruh dalam industri K-Pop. Sementara diurutan pertama terdapat SM Entertainment, YG Entertainment, kemudian Melon dan G-Dragon.

Kira-kira apa rahasia dibalik kesuksesan EXO ini?

Pertama, sebuah kesuksesan dari suatu grup dapat dilihat dari hasil penjualan album. Saat ini, untuk penjualan album, EXO bahkan telah mengalahkan senior-seniornya seperti TVXQ atau Super Junior. Hanya dalam kurang dari 2 Tahun, EXO telah mampu menjual hingga 1,3 Juta album. Sebuah angka yang fantastis untuk sebuah grup rookie.

Kedua, EXO merupakan sebuah produk SM Entertainment yang paling sempurna. SM Entertainment telah melakukan berbagai riset dari grup-grup yang telah mereka debutkan sebelumnya, sebut saja TVXQ, Super Junior, Girls' Generation, f(x) dan SHINee. Setelah mendebutkan banyak grup, SM Entertainment akhirnya bisa membaca selera pasar. Hal ini lah yang membuat EXO menjadi sebuah produk sempurna yang memenuhi semua kriteria yang diinginkan penikmat musik K-pop.

Ketiga, lagu-lagu EXO menggunakan genre Pop yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Genre Pop merupakan sebuah genre yang memiliki peminat yang paling besar. Lagu-lagu EXO terpopuler, sebut saja Growl merupakan salah satu lagu yang diciptakan oleh Shin Hyuk yang juga pernah membuatkan lagu untuk penyanyi Pop terpopuler, Justin Bieber. Hal ini menjadi salah satu faktor kesuksesan EXO.

Keempat, EXO memiliki konsep yang unik. Jika anda perhatikan dari awal debut mereka, maka anda bisa melihat konsep-konsep unik yang digunakan oleh EXO. Pada awal debut, EXO menggunakan konsep mahluk asing yang turun ke bumi. Comeback selanjutnya, EXO menggunakan konsep dance animal dengan lagunya 'Wolf'. Tidak hanya itu, EXO juga menggunakan lambang yang unik untuk setiap anggota. Ke-12 anggota juga memiliki kekuatan fiksi yang dimiliki masing-masing, dan masih banyak lagi. Hal ini lah yang membuat EXO memiliki daya tarik tersendiri.

Kelima, anggota EXO memiliki skill yang mumpuni. Melalui training panjang di SM Entertainment, tentunya anggota EXO memiliki skill masing-masing yang telah digali selama kurang lebih 5 tahun masa training. Skill ini meliputi kemampuan vokal, rap, dance dan bahkan salah satu anggota, sebut saja Tao EXO-M memiliki kemampuan khusus dalam seni bela diri. Tentu saja ini menjadi faktor yang berpengaruh dalam kepopuleran EXO.

Keenam, EXO memiliki anggota yang tampan. Tak dapat dipungkiri, ini merupakan salah satu faktor besar yang mempengaruhi kesuksesan EXO. Seperti yang kita ketahui, SM Entertainment memang selalu menghadirkan artis-artis yang good-looking. Para penggemar wanita pastinya juga tidak akan memungkiri bahwa setiap anggota EXO memang begitu tampan.

Itulah ke-6 faktor yang mempengaruhi kesuksesan EXO. Wajar saja jika saat ini, EXO menjadi salah satu idol yang paling berpengaruh dalam perkembangan Hallyu Wave.
 

0 komentar: