Selasa, 12 November 2013

Posted by Unknown | File under : ,
Macam-macam makanan dibawah ini para pembaca bisa mencoba jika sudah di korea selatan. Karena salah satu teman saya yang sedang berada di korea selatan memberikan beberapa referensi tentang makanan halal. Selain memberikan referensi tentang makanan halal, dia pun sempat bercerita tentang keadaan sulitnya dalam memilih makanan. 

Dalam melakukan kunjungan ke luar negeri dan mengenal budayanya sendiri merupakan sebuah pengalaman yang berharga. Dan memang yang biasanya menjadi masalah dalam melakukan kunjungan keluar neheri ini adalah masalah makanan. Sebagai muslim yang taat, sudah sepantasnya kita sangat memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita karena makanan yang kita makan haruslah halal  dan thayyib. Kita harus berhati-hati mengenai makanan terutama saat berkunjung ke negara yang mayoritas penduduknya bukanlah beragama Islam. Korea selatan seperti yang sudah diketahui bukanlah negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Kita harus berhati-hati saat makan karena umumnya di korea selatan makanan yang disajikan mengandung daging babi. Beberapa orang menganggap bahwa makan daging ayam atau sapi di sini halal, tetapi ada juga sebagian yang lain memilih untuk menghindari memakan daging karena walaupun halal tetapi apakah thayyib? Karena penduduk di sini mayoritas tidak beragama Islam maka dapat kita anggap pada saat hewan ayam dan sapi itu disembelih, mereka tidak menyembelihnya sesuai syariat Islam dan hal itu dapat menyebabkan dagingnya menjadi haram. Oleh karena itu, pilihan utama saat berada di sini adalah dengan makan lauk berupa makanan laut dan sayur-sayuran yang sudah pasti halal.

Sehingga teman saya ini memberikan referensinya tentang makanan yang InsyaAllah dapat terhindar dari makanan yang tidak diinginkan masuk ke dalam tubuh kita.
1. Saengsoen Kasseu (Fish Mayonnaise)

Umumnya berupa nasi dengan ikan fillet yang digoreng tepung dengan mayones diatasnya. Di sini apabila kita memesan nasi, selalu didampingi dengan sup. Rasa supnya hambar hanya berupa kuah dengan taburan daun bawang. Selain itu kita juga diberi kimchi (fermented vegetables) yang merupakan makanan khas korea selatan sebagai makanan pembuka. Rasanya asam karena merupakan hasil fermentasi.

2. Tteokpokki (spicy rice cake)


Tteokpokki merupakan makanan ringan paling digemari di korea selatan. Porsinya walaupun dikatakan makanan ringan tapi cukup banyak apalagi untuk perut orang indonesia. Walaupun dikatakan pedas tapi bagi orang indonesia mungkin terasa kurang pedas karena di sini hanya ada cabai dan tidak ada rempah-rempah yang bisa membuat pedas seperti sambal di indonesia.

3. Shrimp udon

 
Salah satu makanan yang bisa dimakan disini adalah mi. Udon salah satu jenis mi dengan ciri khas minya yang tebal-tebal. Rasa kuahnya agak hambar seperti kebanyakan makanan disini. Mungkin karena terbiasa dengan masakan di indonesia yang kaya akan rempah disini jadi terasa hambar makanannya.

4. Naengmyoen (cold noodle)


Salah satu makanan khas korea selatan yang ada pada saat musim panas. Untuk mengatasi cuaca panas, makanan dingin seperti yang satu ini banyak disajikan. Kuahnya disajikan dalam keadaan dingin dan ditambahkan es batu.  Seperti kebanyakan makanan khas lainnya, mi dingin ini juga merupakan hasil fermentasi sehingga rasanya sangat asam. Tekstur minya sangat kenyal sampai-sampai sangat sulit untuk digigit. Sebaiknya sebelum dimakan, minya dipotong-potong terlebih dahulu untuk memudahkan makan.

 5. Spicy seafood noodle


Mi dengan kuah pedas dan beberapa jenis makanan laut seperti kerang, potongan kaki cumi-cumi dan gurita kecil didalamnya. Disajikan dengan bawang bombay yang banyak. Tekstur minya agak keras tetapi pas untuk digigit dengan ukuran yang sedang. Kuahnya cukup pedas untuk ukuran pedas di korea selatan. Porsinya besar bahkan bisa dikatakan agak berlebih untuk perut orang indonesia.

6. Soup noodle


Mi yang diberi kuah sup hambar. Tekstur minya lembut dan mudah digigit. Porsinya sedang Cocok untuk cemilan. Diberi tambahan irisan telur dadar, wortel, timun dan bawang bombay. Tak lupa ditaburi rumput laut kering diatasnya.

0 komentar: