Selasa, 12 November 2013

Posted by Unknown | File under :
Negara Korea Selatan saat ini sangat terkenal bagi seluruh dunia (khususnya warga Indonesia). Kebanyakan orang semakin mengenal negara ini karena mereka yang menyukai dari lagu, drama maupun variety show. Bagi orang-orang yang sudah sangat menyukai negara ini kebanyakan sudah mengagumi baik dari segi fashion, kebudayaan, keindahan dari wisata-wisatanya, termasuk dengan mengidolakan artis-artis korea nya. Selain kekaguman yang saya sudah sebutkan tadi, makanan juga menjadikan rasa penasaran yang luar biasa besar. Karena pada dasarnya setiap negara pasti memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing negara, begitu pula dengan negara Korea Selatan ini.


 Sejarah Korea sendiri dimulai dari mitologi pendiri Korea, Dangun, sampai ke masa 3 Kerajaan yang bersatu (masa Kerajaan Silla, Koguryo dan Baekje),  masa Kerajaan Koryo, dan masa Kerajaan Chosun.  Setelah memasuki masa modern kerajaan Chosun tidak bisa mengikuti perubahan ini, dan menjadikannya pertengkaran antara negara-negara maju sehingga tidak dapat menghindari masa penjajahan Jepang. Pada tahun 1945, Korea pun merdeka. Pasukan Amerika dan Uni soviet, mendirikan pemerintahan militer di bagian selatan dan di bagian utara semenanjung Korea, hingga benih perpecahan Korea ditaburkan. Di Korea Selatan (Pasukan Amerika) lahir pemerintah baru yang berlandaskan sistem demokrasi dan kapitalisme, sementara di Korea Utara (pasukan Uni Soviet berlandaskan komunisme. Pada awalnya terjadi perang dingin antara kedua belah pihak, akan tetapi seiring dengan waktu yang terus berjalan akhirnya masing-masing negara mengakui ideologinya sendiri dan membuka ufuk baru masa perdamaian, rekonsiliasi dan hubungan kerjasama antar Korea.

Taegukgi

Hangeul



Korea yang terdiri dari semenanjung serta 3200 buah pulau yang besar dan kecil, terletak di bagian timur laut dari benua Asia. Korea tereletak bersebelahan dengan wilayah laut, Rusia dan Cina dari arah ke utara, serta berhadapan dengan Jepang dari arah selatan. Bendera nasional republik Korea dinamakan dengan Taegukgi (태극기). Dan bahasa nasionalnya sendiri dinamakan Hangeul (한글). Dalam hal agama, republik Korea menganut kebebasan beragama sehingga berbagai jenis agama (Kristen, Hindu, Budha dan Islam) berkembang, maupun untuk Atheisme (non-agama) pun ada.

Inilah sekilas info tentang negara Republik Korea dari saya, selanjutnya saya akan memberikan info-info tentang kuliner negara ini. semoga tentang info kuliner ini akan membantu memberikan ide untuk pembaca yang beragama Islam yang sedang berada di korea ataupun yang tidak dalam memilih-memilih makanan Korea yang halal.

Terima kasih.

0 komentar: